Daftar Isi

Strategi Perang Travian

Speed is the essence of war. Take advantage of the enemy's unpreparedness; travel by unexpected routes and strike him where he has taken no precautions (Sun Tzu).
Lightning hammer
Yang dimaksud dengan Lightning hammer adalah pasukan hammer dengan unit tercepat, biasanya menggunakan theutates thunder karena merupakan unit yang tercepat dalam travian (hanya bisa digunakan oleh galia). Sedangkan romawi bisa menggunakan Equites Imperatoris dan teuton bisa menggunakan Teutonic Knight. Secara garis besar tujuan membuat Lightning hammer adalah menghancurkan dengan segera pertahanan musuh sebelum mereka mengumpulkan kekuatan penuh. Bisa juga digunakan untuk meng-counter serangan musuh dengan cepat. Desa yang biasanya difungsikan sebagai Lightning hammer adalah 7c dan 9c.
Beberapa pemain ada yang mempunyai 1-3 desa Lightning hammer. Biasanya desa2 ini merupakan desa raid yang bisa dialihfungsikan menjadi Lightning hammer. Sangat menakutkan apabila kita bisa membuat 3 desa Lightning hammer yang masing2 berisi ribuan bahkan puluhan ribu theutates thunder. Ketakutan terbesar biasanya datang dari hammer2 musuh yang khawatir dengan munculnya serangan tiba2; Apalagi kalau disertai dengan adanya mata-mata di dalam aliansi. Kembangkan pusat kebugaran untuk membuat Lightning hammer lebih menakutkan dengan kecepatannya dan kalau bisa dikombinasikan dengan artefak slipih angin. Pilih ksatria dari unit tercepat supaya bisa diikutkan dalam serangan tanpa mengurangi kecepatan.


Open the gates completely and let the enemy in, then ambush them from within, making the gates meatgrinders (Zhuge Liang).
Strategi benteng kosong
Saat perang kuadran, pemain menyiapkan desa dengan jarak yang sangat dekat dengan musuh. Misalnya pemain memiliki banyak desa di sekitar (50,51), sedangkan desa A disiapkan sebagai desa pancingan. Desa ini kosong dan posisinya sangat dekat dengan kuadran musuh misalnya di (10,12). Kemungkinan besar desa yang akan menjadi target serangan adalah desa A. Namun, bagaimana apabila bangunan Desa A adalah desa anti cata seperti ini.
 Tujuan dibangunnya desa seperti ini adalah untuk mengetahui jumlah hammer musuh, posisi desa hammer, serta membuang energi musuh untuk merancang CFA yang sia-sia. Agar lebih maksimal, di desa pancingan dikembangkan bangunan-bangunan yang mempunyai populasi paling besar, seperti kedutaan, pasar, bangunan utama, dll. Dari beberapa pengalaman, desa seperti ini bahkan pernah di chief salah satu musuh. Entah apa yang ada di pikiran penyerang saat tau desa yang dia chief isinya desa penghijauan.


Know your enemy and know yourself and you can fight a hundred battles without disaster (Sun Tzu).
Menjadi mata-mata profesional
Untuk menjadi mata-mata yang profesional, sebaiknya ID dikembangkan secara maksimal agar mempunyai pengaruh yang luas di dalam aliansi. Mata-mata identik dengan multi ID, hanya saya tidak menyarankan untuk menjadi mata-mata dengan multi ID (lagipula hal itu illegal). Hal-hal yang biasa dilakukan oleh mata-mata adalah :
1. Membocorkan informasi MM, CFA, CFD.
CFA yang bocor akan sangat fatal karena operasi militer yang dilaksanakan pasti akan gagal total. Disini mata-mata berusaha mencari informasi lewat teman-teman aliansi lain (lewat messenger atau IGM), meskipun dia sebenarnya tidak dimasukkan ke dalam battle group CFA tersebut.
2. Melihat peran pemain di dalam forum atau messenger, siapa yang lebih vokal dan punya pengaruh.
Hal ini penting untuk menentukan target serangan. Apabila pemain yang berpengaruh hancur lebih dulu, mental pemain-pemain lain akan langsung turun. Biasanya target serangan adalah petinggi aliansi atau pemain-pemain yang masuk top ranking penyerang atau perampok.
3. Memperhitungkan desa hammer pemain dan jumlah pasukan yang dimiliki.
Semua pemain tidak ingin desa hammer-nya ketahuan untuk mengantisipasi kemungkinan kena chief (apabila bukan desa ibukota) atau kena serangan terus-menerus. Jumlah pasukan juga penting untuk memperkirakan siapa pemain yang dianggap berbahaya, tipe bermain attack/defence, serta jumlah pasukan yang ikut defence saat desa diserang.
4. Merebut lahan raid.
Informasi lahan raid yang bocor segera ditindaklanjuti dengan pemberitahuan kepada anggota aliansi pihak mata-mata supaya ikut mendatangi desa-desa tersebut. Dengan seretnya penghasilan lewat raid, akan membuat pengembangan desa menjadi sulit.
5. Melakukan sabotase dengan meng-cata gudang & lumbung lahan raid.
Hal ini adalah salah satu yang tidak saya sukai. Saya pernah menemukan anggota aliansi yang kerjanya cata gudang & lumbung lahan raid. Alasannya, salah sasaran cata. Padahal apa yang mau di-cata ? toh pemainnya sudah tidak aktif lagi. Langsung pemain yang bersangkutan saya pindahkan ke wing agar tidak merepotkan ke depannya.
6. Mengubah arah politik aliansi.
Beberapa pemain yang berpengaruh tentu punya kuasa untuk menyuarakan persekutuan atau perang dengan aliansi tertentu. Hal ini sangat berperan penting dalam hasil akhir peperangan. Politik adalah perang tanpa pertumpahan darah.
7. Memecah belah aliansi.
Mata-mata membuat rusuh dalam aliansi, membuat serangan kepada sekutu atau aliansi netral, menghasut anggota aliansi untuk tidak percaya kepada petinggi, serta kegiatan-kegiatan lain yang menghancurkan aliansi sedikit demi sedikit.


To avoid enemy’s strong point, and conquer the easiest point first, so that our soldiers have higher morale and we eat up step by step until the last (Cao Cao).
Meningkatkan experience ksatria dengan memanfaatkan kelemahan pasukan alam
Apabila pemain adalah non-gold user, meningkatkan experience ksatria terasa sulit karena sangat bergantung pada scroll dan petualangan (T4); Sedangkan perang membutuhkan pengorbanan pasukan yang tidak sedikit. Ada cara lain untuk meningkatkan experience dengan efektif dan tidak membutuhkan biaya besar seperti membeli scroll, yaitu dengan memanfaatkan pasukan alam pada oasis. Coba perhatikan tabel kemampuan pasukan alam berikut.
Secara umum, kekuatan pasukan alam berimbang antara experience yang didapat dengan kemampuannya. Hanya ada satu jenis pasukan yang punya kelemahan mencolok yaitu babi hutan (wild boar). Kemampuan babi hutan bertahan menghadapi serangan pasukan berkuda sangat rendah yaitu 33.
Untuk memanfaatkan kelemahan ini, siapkan ksatria dengan kekuatan yang cukup (misalnya 5000); Pasukan berkuda sekitar 25-30; Setelah itu cari oasis yang ada babi hutan. Oasis yang biasanya dihuni babi hutan adalah oasis liat 25% atau liat 25% + gandum 25%. Biasanya komposisi pasukan alam yang ada disana adalah tikus, laba-laba, dan babi hutan.
Dengan melakukan serangan ini, ksatria bisa mendapatkan experience 50+. Bayangkan kalau kita bisa melakukan hal ini sedikitnya 5 kali dalam sehari. Ksatria akan mendapatkan experience sekitar 300 dan sejumlah SDA. Jadi cara ini sangat efektif untuk mendapatkan experience.


The loss of any army is always caused by underestimating the enemy. Therefore gather information and watch the enemy carefully (Zhuge Liang).
Mengetahui potensi aliansi musuh dalam bertahan (Tidak ada spy di dalam aliansi musuh)
1. Siapkan desa yang khusus mengembangkan pengintai (Equites legati, Pathfinder, Scout) sehingga desa bisa memiliki ribuan pengintai.
2. Desain serangan fake oleh 3-5 ID besar dalam aliansi dengan ETA yang sama kepada anggota ally musuh yang paling berpengaruh.
3. Bersamaan dengan itu, pengintai dikirim dengan ETA bersamaan dengan ETA serangan fake masuk.
4. Minta teman aliansi lain untuk melakukan fake ke desa musuh secara bebas dan tidak beraturan.
Dengan langkah-langkah di atas, pihak penyerang kemungkinan kehilangan banyak pengintai (sekitar 100an). Tetapi hasilnya, penyerang bisa tau kekuatan utama aliansi musuh, terutama bagaimana mereka meng-koordinasikan CFD serta jumlah pasukan yang ikut bertahan.


If an enemy has alliances, the problem is grave and the enemy's position strong; if he has no alliances, the problem is minor and the enemy's position weak (Sun Tzu).
Putuskan hubungan pemain dengan aliansinya
Ada beberapa sebab seseorang menargetkan untuk menghancurkan "kedutaan" pemain musuh.
Pertama, untuk menghancurkan cranny lawan (Note : untuk menghancurkan cranny, masukkan kedutaan sebagai target cata-- apabila desa target ternyata tidak memiliki kedutaan, cata akan menghancurkan cranny dengan catatan level titik temu sudah cukup tinggi. Karena ada kemungkinan cata akan meleset bila level titik temu rendah).
Yang kedua adalah untuk memutuskan hubungan seorang pemain dengan aliansinya. Misalnya, ada pemain yang kurang aktif dan ingin kita jadikan lahan raid. Masalahnya, aliansi pemain tersebut tampak berbahaya apabila ikut campur. Maka saat melumpuhkan pemain tersebut, kita meng-cata kedutaan di wave pertama. Saat kedutaan pemain lawan sudah hancur, setiap serangan yang kita lakukan tidak akan muncul dalam laporan serangan aliansi. Saat pemain cuma memiliki 1 desa, kita bisa langsung tau dimana kedutaan di bangun. Saat desa sudah lebih dari 1, kemungkinan besar kedutaan ada di desa 1; Ada juga kemungkinan kedutaan dibangun di tiap desa -- niatnya untuk meningkatkan nilai budaya. Kalau kasusnya seperti itu, keinginan untuk memutuskan hubungan pemain dengan aliansinya akan sulit.
Yang ketiga adalah untuk membuat kacau aliansi musuh dengan menghancurkan kedutaan yang menjadi milik aliansi (biasanya salah satu pemain diminta untuk memegang kedutaan aliansi). Ketika hal itu dilakukan, aliansi tidak akan bisa menambah anggota sampai kedutaan mencapai level yang dibutuhkan.

Whether to concentrate or to divide your troops, must be decided by circumstances (Sun Tzu).
Tips mengembalikan pasukan bantuan
Saat mengembalikan pasukan (biasanya pasukan defence), usahakan membagi wave pengembalian sesuai kecepatan jenis pasukan. Saat perang kuadran, pasukan defence membutuhkan waktu yang lama untuk lintas kuadran, sehingga sangat membantu apabila kita mengembalikannya lebih cepat. Pasukan defence yang biasa digunakan adalah :
Galia = Phalanx untuk pasukan yang lambat; Pathfinder + Druidrider untuk pasukan yang cepat.
Romawi = Legionnaire + Praetorian untuk pasukan yang lambat; Equites Legati untuk pasukan yang cepat
Teuton = Spearman + Scout untuk pasukan yang lambat; Paladin untuk pasukan yang cepat.
Apabila wave untuk pengembalian pasukan dibagi, misalnya druidrider dan pathfinder tiba lebih dahulu -- apabila ada CFD, pasukan dengan segera bisa berangkat tanpa menunggu sampai wave phalanx kembali. Atau paladin tiba lebih dulu, bisa segera dipakai untuk melakukan raid tanpa menunggu sampai spearman kembali.


Do the unexpected, attack the unprepared (Zhuge Liang).
Buatlah serangan kejutan.
Serangan yang kelihatannya real ternyata fake; serangan yang kelihatan fake ternyata real. Selama hal itu bisa kita lakukan, musuh pasti akan kewalahan dan CFD tidak bisa dilakukan dengan sempurna. Hal umum yang selalu terjadi, serangan real mudah dibaca karena ketidaksempurnaan melakukan fake atau kurangnya koordinasi.
Salah satu contoh serangan kejutan : Pemain lawan memegang artefak telik sandi besar (yang mana dia akan tau jenis pasukan yang dikirim). Bukan rahasia umum, apabila serangan membawa hero adalah 99% real. Pemain dalam aliansi bersepakat membuat serangan kejutan dengan merelakan hero diikutkan dalam wave fake. Yang terjadi setelah serangan kejutan adalah pemain lawan panik, desa yang di CFD tidak ada satupun yang real, sedangkan desa-desa lain hancur setelah di bombardir secara spartan karena tidak di CFD.
Strategi landak : cara ini sudah familiar di kalangan travianers. Apabila pemain sering di raid, bikin padepokan dan latih hero tipe bertahan; Jangan lupa tinggikan pagar dan kastil untuk memperbesar efek. Apabila diraid kembali, pihak penyerang akan rugi lebih banyak daripada pihak yang bertahan (dengan catatan pasukan yang dibawa jumlahnya sedikit, bertujuan untuk me-raid). Andai hero matipun, bisa dihidupkan kembali dengan SDA yang tidak seberapa dibandingkan SDA yang harus dikeluarkan musuh untuk membuat pasukan. Hal ini membuat musuh berpikir 2x sebelum menyerang lagi. Untuk T4, hal ini lebih mudah karena hero punya kemampuan lebih dan tidak butuh padepokan untuk mendapatkan hero. Selain dengan hero, serangan kejutan bisa dilakukan dengan menaruh pasukan defence di desa sesekali. Pasukan defence dikumpulkan sampai banyak terlebih dahulu baru diikutkan defence. Cara mengumpulkan pasukan defence adalah dengan menitipkan pasukan di desa lain (bisa juga desa teman) atau dodge serangan musuh terus menerus.


It is essential to seek out enemy agents who have come to conduct espionage against you and to bribe them to serve you (Sun Tzu).
Memanfaatkan mata-mata
Sebagian besar dari kita, apabila mengetahui seseorang adalah mata-mata, akan menghukum pemain tersebut dengan mengeluarkannya dari aliansi, di raid dan cata beramai-ramai. Ada beberapa hal yang seharusnya dilakukan sebelum hukuman itu dilakukan. Saya anggap cara seperti itu adalah cara yang terakhir. Coba manfaatkan mata-mata dengan memberikan IGM CFA atau CFD yang salah sehingga membuat musuh terkejut. Misalnya, kepada battle group penyerang diminta untuk mengirimkan pasukan real ke desa A dan fake ke desa B; Sedangkan mata-mata diberikan pesan yang justru sebaliknya, pasukan real ke desa B dan fake ke desa A. Dengan demikian, potensi musuh melakukan CFD akan pindah ke desa B -- padahal serangan real justru masuk ke desa A.
Mata-mata bisa saja berubah haluan seiring berjalannya waktu dan kedekatan antar anggota aliansi. Selama suasana aliansi kondusif, anggota bisa bekerja-sama, petinggi memperhatikan anggota -- membuat mata-mata menjadi nyaman berada didalam aliansi dan bisa saja berubah haluan politik. Hal itu akan meningkatkan moral aliansi.


Thus if the enemy is rested you can tire him; if he is well fed you can make him hungry; if he is at rest you can move him. Go forth to positions to which he must race. Race forth where he does not expect it (Sun Tzu).
Membuat musuh kelaparan.
Gandum adalah salah satu faktor penting yang membuat pasukan bisa tetap bertahan selama perang. Saat musuh berusaha bertahan dari serangan terhadap desanya yang banyak (fake dan kemungkinan serangan real), perhatiannya tidak akan tertuju kepada siapa saja yang mengirimkan pasukan bertahan ke desa (apabila ada CFD), tetapi siapa saja yang melakukan serangan. Kelengahan ini bisa kita manfaatkan dengan mencuri gandum yang ada pada desanya. Caranya dengan mengirimkan pasukan bertahan mode bantuan, dan sesaat sebelum serangan real masuk, segera tarik pasukan bertahan. Bisa juga mengirimkan bantuan ke oasis-nya agar tidak perlu ditarik selama serangan ke desa. Note : untuk spy cara ini malah sangat menjanjikan dan tidak mencurigakan.
Saat perang satu lawan satu (Di awal game), teuton dengan hobinya melakukan raid membuat gandum di desa kemungkinan besar minus. Saat tidak online mereka memperhitungkan jumlah gandum yang tersedia cukup digunakan selama tidak online. Mungkin pasukan kita tipe bertahan sehingga menyerang secara frontal akan merugikan. Kirim pasukan defend kita dengan mode bantuan ke desanya sampai pasukan bantuan berkurang (menandakan gandum sudah habis), tarik pasukan, dan tunggu sampai kelaparan memakan korban di desa nya.
Croplock adalah cara untuk membuat desa kelaparan berkepanjangan dengan menghancurkan semua ladang, toko roti, dan penggilingan gandum; Di sertai dengan penghancuran lumbung (menghabiskan gandum yang ada), gudang (mempersulit NPC dengan crop lain - hanya tidak direkomendasikan apabila ingin menjadikan desa tersebut lahan raid), bangunan utama (memperlambat pembangunan), dan juga pasar (menghentikan supply SDA ke desa lainnya). Saat pemain di-croplock mereka akan mencoba mendapatkan gandum dari desa terdekat (entah desa sendiri atau desa teman terdekat); Cara terbaik untuk keluar dari kondisi croplock adalah menggunakan fasilitas NPC dan pembangunan dengan segera (butuh gold yang banyak) -- mendapatkan gandum dari pertukaran SDA lain dan segera bangun ladang sebelum habis lagi karena minus. Lakukan terus menerus sampai gandum sudah tidak minus. Untuk T4, bisa memanfaatkan hero dengan memindahkan hero ke desa croplock, pakai buku kebijaksanaan : set semua point untuk menaikkan atribut sumberdaya, dan dalam pengaturan produksi sumberdaya hero pilih gandum.


Once you destroy something, you not only take away it’s ability to be your enemy, BUT, you also take away it’s ability to be your friend (Sun Tzu).
Bijaklah memilih teman dan menyatakan perang
Saya pernah membaca di forum travian kejadian yang saya anggap licik dan tidak mendidik. Ada pemain besar sering melakukan raid kepada pemain kecil. Kemudian, dia berkomunikasi dengan pemain kecil tersebut; Mengajarkannya cara bermain travian yang baik dan bagaimana mengembangkan desa. Setelah beberapa lama, dia menganjurkan penggantian ibukota dengan desa yang lebih baik. Setelah ibukota berpindah tempat, ibukota lama di chief oleh pemain besar tersebut. Penuh kontroversi dan caci maki di forum.
Tidak selamanya menghabisi desa di areal 7x7 atau 14x14 adalah cara terbaik untuk berkembang. Kadangkala kita perlu membiarkan desa-desa di sekitar kita untuk berkembang agar bisa di chief kemudian hari. Kembangkan chief di beberapa desa dan usahakan jumlahnya 2-3 chief di masing2 desa (dapatkan 3 chief di masing2 desa dengan cara bangun istana. Setelah 3 chief jadi, hancurkan dan bangun istana di desa lain -- hanya merepotkan apabila ada chief yang mati, karena terpaksa bangun istana lagi di desa tersebut).


Thus, what is of supreme importance in war is to attack the enemy's strategy (Sun Tzu).
Membuat cata musuh meleset
Apabila musuh melancarkan serangan cata dan kita tidak memiliki kemampuan untuk bertahan, counter balik serangan musuh dengan melakukan cata target titik temu. Diharuskan serangan cata kita masuk lebih dulu daripada serangan cata musuh.
Supaya cata masuk lebih dulu, serangan bisa dilakukan dari desa pemain atau teman yang terdekat dengan desa musuh. Bisa juga dilakukan dari desa yang sama (pusat kebugaran lebih tinggi). Taktik ini sukses apabila timing serangan tepat sehingga saat cata musuh tiba, titik temu didesanya sudah hancur. Hasilnya, serangan cata lawan akan meleset semua.
Apabila tidak ada desa yang bisa melakukan serangan cata lebih awal ke desa musuh, intercept serangan tersebut. Serangan cata biasanya diawali dengan hammer besar, diikuti banyak wave membawa sedikit pasukan + cata. Masukkan pasukan defence di antara hammer utama dan wave selanjutnya (intercept); bisa dengan dodge atau pengiriman pasukan dari desa lain. Perlu analisa dan keberuntungan untuk menilai wave mana yang merupakan hammer utama.

Artikel Terkait


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Learning.com di inbox anda:


0 komentar:

Poskan Komentar