Daftar Isi

Microsoft Jadi Teman Sekaligus Lawan Bagi Partner PC


Microsoft telah menjalin kerjasama dengan berbagai vendor perangkat komputer. Sebut saja perusahaan seperti Dell, HP, Acer serta Lenovo, yang membeli lisensi untuk menempatkan sistem operasi Windows pada produk PC desktop, notebook atau gadget mereka.

Dibalik kemitraan atau sebutan "teman" dengan para partner PC tersebut, kini Perusahaan teknologi yang didirikan 37 tahun silam di Redmond Amerika Serikat itu, telah mengumumkan pembuatan tablet komputer (Surface) yang kabarnya dibanderol mulai dari USD499 dan siap beredar 26 Oktober 2012. Ini merupakan pertama kalinya perusahaan yang didirikan Bill Gates tersebut, untuk bersaing secara head-to-head dengan partnernya, khususnya di pasar tablet PC.

"Ini adalah sulit ketika Anda bersaing dengan mitra Anda sendiri. Keputusan inilah yang kini telah diambil oleh Microsoft untuk melakukan (persaingan tersebut)," ujar analis Shaw Wu dari Sterne Agee, seperti dikutip Phys, Rabu (17/10/2012).

Microsoft tidak merasa asing dengan manufaktur hardware. Perusahaan memang tampak lebih menonjol dalam mengembangkan bisnisnya di software komputer. Akan tetapi, tidak hanya software, Microsoft juga telah menciptakan konsol game (Xbox) pada 2001.

CEO Steve Ballmer menegaskan bahwa Microsoft Corp harus "bergerak" ke manufaktur untuk membawa konsumen mendapatkan pengalaman menyenangkan. Strategi Microsoft untuk membuat produk gadget maupun software tentu menjadikan perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang melimpah.

Analis mengungkapkan, Microsoft akan mencatatkan beberapa pemasukan untuk sistem operasi Windows 8. Vendor atau perusahaan manufaktur yang membangun tablet berbasis Windows 8, akan membayar sejumlah biaya pada Microsoft. Biaya tersebut diestimasikan, antara USD30 dan USD80 per perangkat.

Menurut analis, ini akan menelan biaya yang besar bagi para perusahaan manufaktur. Lain halnya dengan sistem operasi Android yang diciptakan Google untuk perangkat tablet dan smartphone, memungkinkan bagi para produsen untuk menggunakan platform tersebut secara gratis.

Biaya tambahan untuk membuat tablet Windows 8, bisa menempatkan mitra Microsoft pada kerugian di pasar tablet. Terlebih, pengeluaran oleh para vendor ini akan semakin membengkak ketika harga tablet jatuh di pasaran.

Artikel Terkait


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Learning.com di inbox anda:


0 komentar:

Poskan Komentar