Daftar Isi

MelOn Tangkal Pembajakan dengan Paket Berlangganan

Portal musik digital MelOn mengandalkan penjualan lagu digital dengan cara berlangganan ketimbang a la carte (satuan). Cara ini, menurut mereka, lebih menarik untuk menangkal pembajakan.

Portal joint venture antara PT Telekomunikasi Indonesia dengan SK Telecom dari Korea Selatan ini membanderol Rp 10 ribu untuk harga berlangganan lagu di situsnya selama sebulan. Dengan harga itu, penguna akan tercatat aktif selama sebulan dan bisa mengunduh lagu apapun yang tersedia di MelOn.

Namun berbeda dengan mengunduh lagu-lagu ilegal yang berformat mp3, lagu-lagu dari MelOn hanya bisa didengarkan ketika penggunanya masih dalam masa aktif. Lagu-lagu itu pun hanya bisa didengarkan melalui MelOn Player.

Marketing Manager MelOn Indonesia, Samuel May Ratifil mengatakan, selain paket berlangganan MelOn juga menjual lagu digital secara a la carte. Namun menurutnya, cara ini tidak cocok untuk masyarakat Indonesia karena lagu menjadi lebih mahal.

"Market Indonesia agak resistan dengan hal itu karena mahal. Nah, karena itu kami ubah dengan model berlangganan seperti ini. Rp 10 ribu perbulan," ujarnya di Jakarta, Rabu sore.

Lagu-lagu yang ada di portal musik digital ini dihadirkan atas kerjasama dengan 55 label lokal Indonesia dan 8 label internasional. Lagu-lagu orisinil dari MelOn bisa dimainkan atau dibagikan ke komputer manapun, tapi hanya bisa dimainkan menggunakan MelOn Player jika penggunanya dalam masa aktif. "Cara ini lebih menarik untuk menangkal pembajakan," pungkasnya.

Portal musik yang telah mencatat 300 ribu pengguna aktif ini juga menerapkan cara lain untuk menyebarkan lagu-lagu orisinil miliknya. Salah satunya adalah bundling.

Bundling tersebut dilakukan dengan vendor telefon genggam, seperti Sony. MelOn sendiri telah dua kali menyematkan aplikasi pemutar musiknya di dalam smartphone Sony, yaitu Xperia Tipo dan Miro. Dengan cara tersebut pembeli smartphone bisa menikmati lagu dari MelOn, namun dalam format .dcf yang khusus bisa dimainkan di perangkat pengunduhnya saja (tidak bisa dibagikan).

Artikel Terkait


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Learning.com di inbox anda:


0 komentar:

Poskan Komentar