Daftar Isi

Makin Seru Nge-Game dengan Logitech Gaming Mouse G300


PRODUSEN perangkat hardware aksesoris Logitech, telah merilis seri mouse yang diperuntukkan khusus untuk bermain game. Logitech Gaming Mouse G300, tampil dengan body-nya yang disesuaikan dengan genggaman tangan ketika memainkan game PC. Desain ergonomisnya, selain membuat kontrol pengendali menjadi lebih mudah, mouse ini juga dilengkapi dengan sejumlah tombol khusus (tambahan) yang menyediakan akses shortcut untuk mendukung game yang sedang dimainkan.

Bagi para gamer sejati, Logitech Gaming Mouse seri G300 ini boleh jadi sebagai perangkat yang penting untuk dimiliki, karena mouse ini dirancang sedemikian rupa untuk mendukung para gamer ketika memainkan game favoritnya. Tidak seperti mouse standar pada umumnya, mouse keluaran perusahaan yang berkantor pusat di Swiss ini memiliki hingga 9 tombol (sudah termasuk klik kiri, kanan dan scroll).

Mouse yang bertandang ke kantor redaksi Okezone ini tampak begitu “sangar”, kendati diperuntukkan untuk para penggemar game PC, namun penggunaannya tetap bisa disesuaikan untuk pekerjaan keseharian. Berikut ulasan Logitech Gaming Mouse seri G300.

Desain
Tidak hanya menghadirkan tombol-tombol tambahan yang membedakan dengan mouse standar, mouse optical dengan USB ini juga memiliki lampu yang dapat menyala hingga delapan jenis warna, yang terletak dibagian sisi kiri dan kanannya. Warna lampu tersebut bisa diubah-ubah melalui software konfigurasi serta menunjukkan setting-an profil tertentu yang sedang digunakan penggunanya.

Sekujur tubuh mouse ini cenderung berwarna gelap. Warna abu-abu dibagian atasnya, hitam di sekeliling sisinya (berlapis tekstur karet) dan di bagian bawahnya berwarna merah (berlapis plastik). Terdapat 9 tombol antara lain klik kiri dan kanan, scroll, dua buah tombol tambahan di belakang tombol scroll serta dua buah tombol tambahan yang terletak di bagian kiri dan kanan.

Ketika digenggam di atas mouse pad, mouse ini dirancang untuk mendukung kenyamanan jari maupun telapak tangan penggunanya. Bagian sisi mouse ini berlapis tekstur karet yang memudahkan pengguna untuk menggerakan atau mengangkat mouse tersebut. Selain itu, di bagian bawahnya, terdapat tiga buah area alas bertekstur plastik, untuk memperlancar gerakan mouse ketika digeser ke segala arah. Plastik tersebut juga membuatnya terasa “licin”, sehingga memuaskan para gamer yang menginginkan sensitivitas tingkat tinggi dalam hal navigasi ketika bermain game PC.

Fitur
Seperti mouse standar pada umumnya, Gaming Mouse seri G300 memiliki tombol klik kiri dan kanan serta tombol scroll. Selain tombol tersebut, terdapat tombol ekstra yang berfungsi sebagai shortcut. Tombol ekstra ini baru dapat digunakan seoptimal mungkin, apabila Anda menggunakan software konfigurasi yang dapat diunduh melalui website resmi Logitech (sayang sekali CD install-an konfigurasi software ini tidak terdapat dalam kemasan).

Setelah software konfigurasi berukuran 48,7MB telah diunduh, Anda bisa segera meng-install-nya di PC. Secara langsung Anda dapat melakukan pengaturan seperti mengubah warna lampu mouse, mengatur profil melalui G300 On-Board Memory atau mengakses Automatic Game Detection.

Mouse ini dilengkapi memori untuk menyimpan pengaturan yang diinginkan penggunanya. Misalkan mengatur tombol untuk dapat difungsikan sebagai shortcut, antara lain copy, paste, cut, redo, undo, close windows dan sebagainya. Selain itu, mouse ini juga mempunyai pengaturan tingkat sensitivitas DPI (dari 250 hingga 2500) guna memastikan ketepatan gerakan mouse yang pengguna inginkan. Semakin tinggi tingkat sensitivitas DPI, maka akan mempengaruhi tingkat akurasi kursor ketika digerakan.

Automatic Game Detection memungkinkan system untuk melakukan pemindaian game apa saja yang ter-install di PC, kemudian dari game tersebut terdapat Commands yang bisa diakses melalui shortcut dengan menggunakan tombol-tombol tertentu di mouse Logitech ini. Selain itu, software konfigurasi ini juga menawarkan tingkat pengaturan Advanced seperti fitur Acceleration, memisahkan axis DPI X dan Y serta pengaturan pointer per profil.

Konklusi
Bagi yang senang bermain game, Logitech menawarkan salah satu produk mouse unggulannya yang dikhususkan atau secara spesifik untuk kebutuhan bermain game. Namun demikian, pengguna sah-sah saja apabila berkeinginan untuk membelinya tanpa maksud untuk hanya bermain game. Secara keseluruhan mouse yang dibanderol kisaran USD32,99 atau sekira Rp300 ribu ini menawarkan bermacam keunggulan ketimbang mouse standar, seperti cahaya lampu berwarna yang membuat tampilannya kian menawan dan elegan (terlebih di ruangan yang gelap) serta tombol-tombol ekstra yang disematkan pada mouse ini, sebagai fungsi shortcut.

Desain ergonomis membuat penggunanya nyaman dan rangkaian tombol ekstra tersebut dapat dioperasikan dengan mudah melalui jari-jari tangan si pengguna. Berbentuk simetris, terasa cukup adil bagi mereka yang mungkin bertangan kidal ketika menggunakan mouse ini. Selain itu, mouse dengan kabel sepanjang 205 centimeter ini mendukung untuk dioperasikan pada sistem operasi Windows XP, Vista dan 7.

Kelebihan
Mouse ini bisa difungsikan secara maksimal apabila pengguna menggunakan software konfigurasi yang dapat diunduh melalui website resmi Logitech. Mendukung bagi para penggemar game yang memainkan game PC bergenre first person shooter untuk mendapatkan pengalaman terbaiknya ketika beraksi dalam game kesayangannya. Tombol-tombol ekstra sangat memudahkan pengguna ketika memainkan game PC untuk mendapatkan shortcut (tombol instan) dalam permainan. Tombol mouse begitu ringan untuk ditekan, namun juga tidak keras serta fungsi scroll tampak begitu halus ketika melakukan scroll atas maupun bawah.

Kekurangan
Ketika Anda membeli mouse ini, tidak disediakan CD instalasi untuk mendapatkan software konfigurasi. Sehingga, Anda perlu terkoneksi dengan internet guna mengunduh software tersebut. Harga kisaran Rp300 ribu mungkin bagi sebagian orang masih dianggap terlalu mahal. Logitech Gaming Mouse G300 menggunakan kabel yang terkesan membuatnya kurang ringkas dibandingkan dengan perangkat mouse nirkabel.

Sumber: okezone.com

Artikel Terkait


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Learning.com di inbox anda:


0 komentar:

Poskan Komentar