Daftar Isi

Google Buka-bukaan Isi Data Centernya


Google selama bertahun-tahun telah berusaha merahasiakan ukuran, arsitektur dan konsumsi energi data center miliknya. Tapi kini, hal itu bukan lagi rahasia.

Dilansir dari Gigaom, Kamis (18/10/2012), Google mengizinkan situs Wired berkeliling data center-nya di Lenoir, North Carolini. Raksasa internet tersebut juga menyelenggarakan sebuah kampanye yang menunjukkan foto, interview, bahkan membuat Google Street View untuk beberapa data center miliknya di dunia.

Tren transparansi seputar data center mulai marak di perusahaan Internet besar selama beberapa waktu ini. Tahun lalu, Facebook telah meluncurkan Open Compute Project yang membuka berbagai hal mengenai caranya mendesain server, ruang server serta sistem pendinginannya.

Industri data center perlu mengadopsi transparansi seperti ini untuk membantu memerangi reaksi berpotensi negatif yang kadang-kadang muncul di seputar pusat data rahasia di seluruh dunia.

Di sisi lain perusahaan seperti Google perlu untuk melindungi data pelanggan yang bertempat di pusat-pusat data besar. Jadi jangan berharap bisa pergi mengunjungi pusat data Google dalam waktu dekat. Google hanya memamerkan gambar dari delapan pusat data dan tetap menjaga agar pengunjungnya terbatas.

Artikel Terkait


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Learning.com di inbox anda:


0 komentar:

Poskan Komentar