Daftar Isi

Huawei Ascend P1 Smartphone Canggih yang Ramah Kantong

SUDAH menjadi rahasia umum bahwa sebagian konsumen kerap memandang sebelah mata produk besutan vendor asal China. Oleh karena itu, Huawei sebagai salah satu vendor ternama asal negeri Tirai Bambu mencoba menepis stigma tersebut dengan meluncurkan Ascend P1 yang mumpuni, namun tetap ramah bagi kantong konsumen.

Smartphone yang sempat menjadi buah bibir pada perhelatan tahunan Mobile World Congress 2012 di Barcelona, Februari lalu ini hadir ke pasaran dengan mengandalkan kemampuan prosesor dual-core dengan clockspeed 1,5GHz Cortex-A9 yang dapat memberikan kinerja mantap.

Beberapa waktu lalu Okezone pun diberi kesempatan "mencicipi" smartphone tersebut, namun bagaimanakah kelebihan dan kekurangan Ascend P1, berikut ulasannya.

Desain
Dengan mengusung desain utama unibody yang memiliki ketebalan 7,7 inci serta paduan warna body ceramic white pada bagian belakang, serta warna hitam glossy pada bagian muka membuat paras dan bentuk Ascend P1 begitu menarik perhatian.

Selain itu, slot micro SD dan kartu SIM juga dapat diakses secara langsung di sisi body. Fitur lainnya seperti tombolvolume suara, pintas kamera, dan tombol power/lock juga disematkan pada smartphone ini.

Kamera dan hasil rekaman video
Ascend P1 menghadirkan kekuatan kamera belakang 8 megapiksel, kemudian Sederetan fitur juga disematkan pada kamera Ascend P1 diantaranya HDR, Burst Shot, Smile Shoot, Effect yang dapat memberikan kepuasan Anda dalam menangkap momen-momen penting.

Sementara itu, kualitas rekaman video smartphone besutan Huawei ini bisa dikatakan bagus, Anda dapat merekam momen dengan kualitas video HD hingga 1080p. Namun sayangnya ketika Anda tidak menggunakan memori tambahan, Ascend P1 membatasi Anda untuk merekam momen-momen tertentu seperti konser misalnya yang membutuhkan ruang penyimpanan lapang.

Performa
Antar muka Ascend P1 mirip dengan bawaan dari Android 4.0, yang berbeda adalah saat lockscreen Anda dapat menuju ke SMS, Call, dan Camera cukup dengan menyapu layar ke menu yang ingin di tuju.

Dari sisi display, Ascend P1 mengusung teknologi layar AMOLED 4.3 inci dengan fitur layar sentuh kapasitif. Teknologi tersebut mampu membuat layar smartphone ini menampilkan warna yang cerah dan cukup tajam.

Terbukti, ketika Okezone melakukan pengujian dengan memutar video kualitas High Definition (HD) gambar yang dihasilkan benar-benar tajam dan memanjakan mata.

Sementara itu penyematan prosesor dual-core dengan clockspeed 1,5GHz Cortex-A9 serta RAM 1GB memberikan performa yang cukup mumpuni. Hal ini terbukti ketika Okezone memainkan sejumlah judul game (Temple Run, Guerilla Bob) di Ascend P1, hasilnya gambar yang bagus dan performa responsif.

Bahkan saat menjalankan Guerilla Bob pada smartphone besutan Huawei ini seluruh grafis terlihat lebih bagus ketimbang Galaxy S III. Di mana grafis peluru terlihat jelas ketimbang Galaxy S III yang hanya terlihat kotak-kotak. Sayangnya, perangkat terasa panas ketika digunakan untuk bermain game dalam waktu yang cukup lama.

Setelah memberikan pengalaman yang mumpuni dengan spesifikasi yang ditawarkan, lalu bagaimana kemampuan suara? Saat Okezone mencoba memainkan sejumlah file musik (mp3) di Ascend P1, seperti halnya aplikasi pemutar musik yang ada di smartphone lainnya, tampilan musik pada smartphone besutan Huawei ini cukup umum dan mudah digunakan. Di mana terdapat beberapa kategori seperti song, playlist, album, genre dan folder. Sementara itu tidak ada pengaturan untuk ekualiser, namun untuk merasakan rekayasa suara yang cukup mumpuni Anda dapat mengaktifkan ftur Dolby Mobile.

Sementara itu, bagi Anda yang gemar mengutak-atik ekualiser, Ascend P1 pun turut menyematkan aplikasi pemutar musik lainnya yaitu Play Music, di mana melalui aplikasi tersebut Anda dapat mengatur sejumlah efek yang tersedia sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu Ascend P1 juga menambahkan aplikasi radio FM yang dapat diakses dan dinikmati dengan memasang handset sebagai antena.
Berselancar
Pengguna smartphone pasti menggunakan perangkat untuk berselancar di jagat maya. Saat Okezone berselancar menggunakan Ascend P1, respon yang dihasilkan perangkat besutan Huawei tersebut terasa cukup baik. Kemudian sejumlah fitur yang biasa ditemukan pada aplikasi peramban lain.

Kesimpulan Dengan harga sekira Rp3,4 juta dengan sejumlah spesifikasi yang diusung, maka Huawei Ascend P1 tentu tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya ketika dilakukan pengujian, performanya cukup baik dan memuaskan. Memang ada sejumlah catatan seperti memori internal yang terlalu terbatas, tapi cukup terbantu dengan adanya microSD hingga 32GB. Sayangnya, perangkat ini cukup panas ketika menjalankan permainan.

KelebihanKamera
Layar AMOLED

KekuranganMemori Internal yang terabatas

Spesifikasi:
OS Android OS, v4.0 (Ice Cream Sandwich)
CPU Dual-core 1.5 GHz Cortext-A9
GPU PowerVR SGX540
Berat 110 g
LayarSuper AMOLED capacitive touchscreen,
16M colors Corning Gorilla Glass,
540 x 960 pixels, 4.3 inches (~256 ppi pixel density)
MemoryCard slot microSD, up to 32 GB
Internal 1 GB RAM, 4 GB ROM
KameraBelakang 8 MP
Depan 1.3 MP
Battery Standard battery, Li-Ion 1670 mAh
Harga (*kisaran) Rp 3,499,000
Sumber: okezone.com

Artikel Terkait


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Learning.com di inbox anda:


0 komentar:

Poskan Komentar