Daftar Isi

Tips Belanja Secara Aman Online ala eBay


Disamping semakin bertumbuhnya toko online di dunia internet, orang Indonesia masih memiliki banyak kekhawatiran soal keamanan belanja di dunia maya. Namun, kekhawatiran tersebut bukan hal yang diatasi.

Beberapa kekhawatiran orang Indonesia saat belanja via internet, antara lain meliputi persoalan apakah barang yang dibeli akan sampai kepadanya, bagaimana jika ternyata barangnya berbeda dengan yang dilihat di web, apakah alamat email yang didaftarkan akan dijual ke pihak ketiga, kuatir dikenakan biaya untuk sesuatu yagn tidak dibeli dan takut informasi keuangan serta pribadinya dicuri.

Sebenarnya ada beberapa langkah cerdas untuk melakukan belanja via internet secara aman. Julia L Bainbridge, Kepala Program Manajemen Resiko Merek Global eBay Inc, dalam presentasi Seminar Internet Sehat dan Aman, di hotel Pullman, Senin (6/2/2012) membagi beberapa tips untuk pengguna internet yang ingin melakukan pembelian secara online, antara lain :

1. Pelajari sebanyak mungkin tentang produk dan penjualnya. Hal ini harus dilakukan, terutama bila membeli produk bernilai tinggi. Jangan lupa memeriksa deskripsi produk serta reputasi web atau pedagang.

2. Hati-hati terhadap permintaan yang tidak biasa. Misalnya pembayaran sebagian dilakukan dari beberapa rekening, dan hanya mencantumkan metode pembayaran tunai via pos.

3. Jaga keamanan informasi pribadi dan keuangan secara online dan offline.

4. Jangan menanggapi email atau telepon yang meminta informasi rekening Anda, karena bisa jadi itu merupakan phishing. Pelanggan sebaiknya berhati-hati, karena eBay atau PayPal tidak pernah meminta kata sandi serta informasi keuangan melalui email. Pengguna hanya boleh memberikan informasi tentang rekening  setelah masuk ke situs PayPal.

5. Gunakan metode pembayaran yang aman dan sudah terpercaya. Salah satu metode pembayaran adalah PayPal, yang memberikan asuransi terhadap transaksi. Perlindungan pembelian dari  PayPal ini menawarkan asuransi sampai USD 1.000 untuk barang yang tidak  diterima atau yang ternyata berbeda dari deskripsinya.


Sumber

Artikel Terkait


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Learning.com di inbox anda:


0 komentar:

Poskan Komentar