Daftar Isi

Teknologi Cloud, Apakah Membantu?


Pernahkah terbayangkan bila suatu hari Anda tidak sengaja menformat USB karena alasan penuh, namun di dalamnya terdapat laporan untuk atasan Anda? Memang jarang terjadi, namun hal ini bisa saja terjadi diwaktu yang tidak kita perkirakan.

Kejadian seperti itu sekarang tidak akan menjadi kekhawatiran lagi karena terbantu dengan aplikasi berbasis Public Cloud dari Google yaitu Google Docs. Dengan aplikasi tersebut kita dapat mengakses data-data secara online ataupun menyimpannya ke dalam komputer sehingga pada saat komputer kita mengalami kerusakan atau data hilang yang kita butuhkan hanya berpindah ke komputer lain yang terkoneksi internet dan kita siap kembali bekerja.

Selain manfaat mobilize dimana kita bisa menggunakan aplikasi di komputer manapun yang terkoneksi internet, aplikasi berbasis cloud baik itu Public maupun Private dapat banyak meringankan tugas IT support kantor begitu pun mempermudah pekerjaan kita.

Mungkin Anda pernah mengalami kejadian dimana pada saat membuka aplikasi anda harus menunggu karena aplikasi sedang dimutakhirkan. Dengan aplikasi berbasis Cloud tidak akan lagi Anda menemukan hal seperti itu.

Pemutakhiran aplikasi berbasis cloud dilakukan di server pusat oleh karena itu sebagai pengguna tidak akan ada lagi waktu anda menunggu untuk pemutakhiran sistem ataupun IT support yang memutakhirkan sistem di setiap komputer, cukup pemutakhiran di server pusat dan semua aplikasi di pengguna akan termutakhirkan.

Hal menarik yang dipunyai dari aplikasi berbasis coud ialah proses yang dilakukan di server pusat, sehingga sebagai user tidak memerlukan komputer canggih untuk menggunakan aplikasi. Biasanya spesifikasi komputer yang dibutuhkan hanya komputer yang mendukung browser dan cukup dengan komputer keluaran tahun 2005 ke atas, kita sudah bisa menggunakan aplikasi cloud.

Bila anda seorang pemilik perusahaan, hal ini tentu saja bisa banyak memberikan manfaat, selain anggaran yang bisa diminimalisir anda juga bisa mengalokasikan tenaga IT perusahaan ke pengembangan aplikasi perusahaan.

Sejauh ini sudah banyak aplikasi-aplikasi gratis berbasis Public Cloud yang bisa kita gunakan selain Google Docs, salah satunya ialah aplikasi gambar Pixlr.com.

Software ini memiliki keunikan karena selain berbasis Public Cloud, Pixlr.com mempunyai penggunaan yang hampir sama dengan aplikasi pemrosesan gambar yang sudah biasa kita gunakan yaitu Adobe Photoshop, sehingga bila kita sudah terbiasa dengan Adobe Photoshop maka kita tidak perlu lagi mempelajari  penggunaannya.

Selain Pixlr.com ada juga aplikasi unik lain bernama Animoto.com  namun kali ini berfungsi untuk pemrosesan video. Situs yang telah banyak mendapatkan rekomendasi ini mempunyai fitur yang sangat istimewa sehingga walaupun kita tidak mahir dalam mengedit video,  namun dengan fitur dari Animoto.com video yang dihasilkan akan seperti profesional.

Tidak kalah dengan aplikasi cloud dari luar negri beberapa perusahaan IT Indonesia pun sudah ada yang mengeluarkan aplikasi berbasis cloud baik itu Private maupun Public.

Untuk aplikasi berbasis Public Cloud, Indonesia mempunyai ngaturduit.com yang mempunyai fungsi sebagai aplikasi manajemen keuangan pribadi, dengan peluncuran ngaturduit.com versi  Android yang baru di luncurkan beberapa bulan lalu, kita bisa memasukan data keuangan pribadi melalui telpon genggam Android kesayangan anda.

Untuk sistem akuntansi  yang berbasis Cloud kita mempunyai Jasfilin.com, dengan aplikasi berbasis Cloud dari jasfilin.com data akuntansi perusahaan dapat dengan mudah untuk pengecekan laporan secara realtime kapan saja dan dimana saja. Untuk aplikasi berbasis yang berbasis Private Cloud Indonesia mempuyai  W-ERP sebuah sistem ERP berbasis Cloud.

Bagaimana pendapat Anda mengenai aplikasi berbasis Cloud apakah menurut anda sangat membantu atau malah beresiko karena data kita berada di server perusahaan aplikasi cloud?


Artikel Terkait


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Learning.com di inbox anda:


0 komentar:

Poskan Komentar