Daftar Isi

Survey Twitter: Pagi Hari, Orang Lebih Ceria


Dalam sebuah survey yang dilakukan oleh dua orang peneliti asal Cornell University, New York, Amerika Serikat, terungkap bahwa orang-orang merasa lebih gembira di pagi hari. Tepatnya saat mereka baru saja terjaga dari tidurnya.

Kesimpulan ini diambil setelah peneliti mengumpulkan sekitar 500 juta pesan (tweet) yang beredar di Twitter, dari berbagai negara di seluruh dunia.

Dikutip dari Scientific American, 20 Februari 2012, menurut penelitian tersebut, awalnya orang-orang memulai harinya dengan gembira. Namun perasaan ini sirna sejalan dengan Matahari yang beranjak tinggi. Pola ini berlaku baik di hari kerja, ataupun di akhir pekan.

Meski begitu, menurut tren di Twitter, perasaan bahagia umumnya berlangsung dua jam lebih lama saat akhir pekan. Peneliti berkesimpulan, ini diakibatkan oleh siklus tidur orang-orang yang lebih panjang di akhir pekan tersebut.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Science, tepatnya di laporan yang bertajuk “Happy in the Morning” tersebut, pola yang sama juga terjadi di negara-negara seperti Uni Emirat Arab yang memiliki hari kerja yang berbeda. Seperti diketahui, di sana, hari kerja dimulai di hari Minggu dan berakhir pada hari Kamis.

“Melesatnya popularitas media sosial online memungkinkan peneliti mempelajari perilaku manusia dengan cara-cara baru yang sangat mengejutkan,” sebut kedua peneliti dalam laporannya itu.


Artikel Terkait


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Learning.com di inbox anda:


0 komentar:

Poskan Komentar