Daftar Isi

'Singa Gunung' Bakal Jadi OS Terbaru Mac


CALIFORNIA - Apple tak mau berhenti dengan menikmati kesuksesan Lion dengan memberikan tambahan update baru di OS X 10.7.3 Lion bagi Mac. Kini Apple mengumumkan versi terbaru dari sistem operasi Mac, yakni OS X Mountain Lion atau Singa Gunung.

Mountain Lion yang sudah tersedia untuk pengembang mulai hari ini, memiliki lebih banyak fitur serta aplikasi bawaan dari iPad dan iPhone. Sementara pengembang sudah bisa menikmat versi terbaru OS Mac ini, pengguna sepertinya harus bersabar hingga akhir musim panas tahun ini.

Versi baru dari OS X membawa banyak fitur iOS seperti Notification Centre dan Game Centre, serta akan menjadi bagian dari Aplikasi Mac seperti Notes dan Reminder, yang sudah akrab bagi pengguna iPad dan iPhone.

"Tinjauan pengembang dari Mountain Lion hanya tujuh bulan setelah perilisian Lion yang sukses, serta menetapkan laju perkembangan untuk sistem operasi komputer personal yang paling canggih," ujar Senior Vice President Worldwide Marketing Apple, Phil Schiller, seperti dikutip dari Telegraph, Jumat (17/2/2012).

Meski menghadirkan lebih banyak fitur, tapi salah satu yang menonjol adalah Gatekeeper. Ketika Gatekeeper diaktifkan, Mac akan menjalankan aplikasi yang hanya diunduh dari App Store Mac sehingga bisa mengontrol aplikasi yang berjalan. Untuk keamanan tambahan, pengguna juga bisa memilih untuk menjalanakan aplikasi hanya dari App Store Mac.

Gatekeeper ini sebenarnya merupakan optional (pilihan), sehingga pengguna yang memilih untuk menjalankan aplikasi apa pun yang mereka sukai, maka tetap bisa untuk melakukannya. Selin itu, sama halnya dengan iOS, Twitter telah terintegrasi di seluruh Mountain Lion membuat lebih mudah untuk berbagi link, foto dan konten lainnya.

Mountain Lion juga memperluas integrasi iCloud, layanan penyimpanan awan Apple. Ketika pengguna menghidupkan komputer berbasis Mountain Lion untuk pertama kalinya, mereka akan memiliki pilihan untuk sign-in dengan Apple ID dan secara otomatis mengatur iCloud, FaceTimes, iTunes Store dan Mac App Store.

iCloud Documents yang baru ini, menurut Apple, menghadirkan perubahan pada semua perangkat sehingga dokumen selalu diperbarui, dan API baru membantu pengembang membuat dokumen berbasis aplikasi kerja dengan iCloud.


Artikel Terkait


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Learning.com di inbox anda:


0 komentar:

Poskan Komentar