Daftar Isi

93% Jurnalis Manfaatkan Media Sosial untuk Sumber Berita


JAKARTA - Media atau jejaring sosial ternyata menjadi sumber bagi sebagian wartawan untuk mengupdate info. Ini tergambar dari survei yang dilakukan dewan pers tentang penggunaan konten di media atau jejaring sosial untuk informasi peliputan dan penulisan berita oleh jurnalis.
"Berdasarkan hasil survei tersebut, sebanyak 47 persen jurnalis Indonesia menggunakan internet lebih dari 10 kali dalam sehari" ungkap Uni Lubis, salah satu pengurus Dewan Pers saat penyampaian hasil survei di kantor Dewan Pers siang ini (17/2/2012).
"93 persen responden memanfaatkan internet sebagai sumber informasi, email, dan berjejaring sosial. Mayoritas responden memiliki akun di jejaring sosial, seperti blog, Twitter atau Facebook. Twitter dan Facebook masih menjadi jejaring sosial yang diminati oleh wartawan. 96 persen dari mereka memiliki Facebook, 67 persen memiliki Twitter, dan 40 persen blog", jelasnya.
"32 persen responden menggunakan akun jejaring sosial untuk menulis informasi personal, 40 persen untuk menulis informasi mengenai berita menarik di media masing-masing, 41 persen tentang kegiatan kerja yang tengah dilakukan", imbuh Uni.
Survei ini bertujuan untuk untuk mengetahui kecenderungan penggunaan konten media sosial dalam peliputan dan produksi berita oleh jurnalis. Pencarian data dilakukan antara 29 November 2011-3 Februari 2012, dan melibatkan 157 responden yang kesemuanya bekerja di lingkungan jurnalis.


Artikel Terkait


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Learning.com di inbox anda:


0 komentar:

Poskan Komentar