Daftar Isi

Oracle Solaris, OS Khusus Enterprise

detail berita
Solaris
JAKARTA -Beberapa waktu lalu, Oracle melakukan teleconfrence kepada awak media untuk memperkenalkan Oracle Solaris 11. Ini merupakan sistem operasi (OS) yang dikhususkan untuk kalangan enterprise atau pengusaha.

Oracle Solaris 11 juga OS dirancang untuk mejawab tantangan terbesar bagi pelanggan dalam mengelola infrastruktur data center modern, sekaligus mengoptimalkan performa serta desakan kebutuhan akan skalabiltas dan penyelenggaraan infrastruktur berbasis cloud yang cepat dan aman.

Ini merupakan OS pertama dan satu-satunya yang tervirtualisasi secara penuh, menyediakan keamanan, fleksibelitas dan layanan virtualisasi built-in yang memungkinkan pelanggan untuk memaksimalkan sistem, jaringan dan sumber data yang ada di dalam data center mereka tanpa harus mengeluarkan biaya virtualisasi.

Layanan data built-in inilah yang dapat menciptakan lingkungan tanpa batas dalam hal penyimpanan, pengolahan dan perlindungan data. Infrastrutur software pengaturan dan pemeliharaan baru sengaja didesain untuk teknologi cloud (komputasi awan) dan dikhususkan untuk kalangan enterprise, sehingga memungkinkan untuk menggelar data center baru yang mencakup ribuan mesin secara cepat.

Sistem keamanan yang ditawarkan Oracle Solaris 11 ialah end-to-end di mana dapat melindungi aset data, memperkuat OS startup dan akses sistem dengan fiur keamanan default.

Sementara dari sisi kinerja dan skalabilitas sudah lebih maksimum dan mampu mendukung segala jenis hardware pada masa depan yang mencakup puluhan ribu thread, ratusan terabyte sistem memori dan ratusan gigabit I/O per detik.

Solaris 11 juga telah meningkatkan kemampuan Oracle Database 11g, Oracle Fusion Middleware 11g dan aplikasi berbasis Java dari sisi kinerja, ketersediaan, keamanan serta kemudahan pengelolaan. Hal ini dilakukan melalui rekayasa perbaikan bersama pada optimlisasi manajemen memori, perbaikan I/O, manajemen sumber daya terpadu dan crypto off-load.

"Solaris 11 dapat terintegrasi dengan semua hardware dan pihak ketiga yang jauh lebih baik. Hal ini jelas akan menekan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan versi sebelumnya atau produk lainnya," ungkap Markus Flierl, Vice President software development, Oracle Corp, melalui telekonfrence, Rabu (9/11/2011).

Flierl menambahkan Solaris 11 merupakan OS enterprise yang memiliki keamanan dan kinerja terbaik di kelasnya pada sistem SPARC dan x86. 



Sumber
Artikel Terkait


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Learning.com di inbox anda:


1 komentar: