Daftar Isi

Jepang Rancang 'Robo Dog' Pemandu Orang Buta


Mungkin ini bisa menjadi kabar menggembirakan bagi penyandang tuna netra di seluruh dunia. Seorang ilmuwan Jepang tengah mengembangkan sebuah robot anjing yang diberi nama 'Robo Dog'. Dengan kehadiran robot canggih ini, tak lama lagi, hidup orang buta akan menjadi  lebih mudah.

Para penyandang tuna netra tak lama lagi  juga bisa menikmati sejuknya udara taman sambil dituntun oleh robot anjing yang tengah dirancang oleh pengembang asal Jepang yakni NSK, bersama University of Electro-Communications.
Dengan menggunakan gambar Microsoft Kinect dan sensor jarak untuk membuat visualisasi 3-D pada hambatan yang ada di depan, robot canggih ini bisa menuntun orang buta kemanapun ia akan pergi.

Dalam sebuah video, ilmuwan asal Jepang ini juga telah menunjukkan kinerja 'Robo Dog' yang digambarkan memimpin salah seorang ilmuwan yang ditutup matanya, melakukan aktivitas naik turun tangga dan melakukan kegiatan jalan cepat.

Pada permukaan datar, robot ini pun memiliki kemampuan dapat mempercepat gerakannya dengan bergulir di atas roda, namun bernavigasi pada tanah yang tidak rata dan tangga dengan menggunakan kaki yang berengsel. Kaki berengsel tersebut berisi sensor bumper yang membantu menghindari rintangan.

Robot anjing ini juga dikendalikan oleh program perangkat lunak dengan menempatkan tekanan pada  cengkeraman tangan. Robot ini pun memiliki kemampuan merespon instruksi dengan membiarkan pengguna mengetahui apa yang terjadi dengan suara wanita sintetis. Dan untuk versi  masa depan robot ini akan mampu mengikuti perintah suara serat GPS ke arah yang lebih akurat.

Pekan lalu, produsen mobil Toyota juga mengumumkan rencananya  untuk membuat  robot perawat berteknologi tinggi yang mampu mengangkat pasien yang cacat dari tempat tidur dan dapat membantu mereka berjalan.

Toyota berharap akan bisa memperkenalkan perangkat canggih ini tahun 2013. Mereka yakin, rancangannya memiliki potensi besar di Jepang.

Artikel Terkait


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Learning.com di inbox anda:


1 komentar:

  1. terkait dengan pemanfaatan Robot, bisa diunduh artikel berikut http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2217/1/01-02-004-Perancangan%5BJamilah%5D.pdf

    BalasHapus