Daftar Isi

'Indonesia Connected' Diharapkan Tuntas 2012

Pemerintah lewat Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi menargetkan program "Indonesia Connected" bisa dituntaskan hingga 2012.

"Untuk peningkatan broaband diharapkan tercapai 2015. Kominfo concerm dengan program Indonesia connected pada 2012," kata Penasehat Senior Menkominfo Kalamullah Ramli, di sela Bali Annual International (BATIC), di Jimbaran, Rabu (9/11/2011).

Dua wilayah Indonesia timur yakni Maluku dan Papua  diharapkan bisa terhubung dengan infrastruktur telekomunikasi.

"Bisa menggunakan telepon dan televisi saja sudah bagus, lebih syukur lagi jika bisa akes internet," katanya dalam acara yang dihadiri 62 perusahaan dunia seperti Google, Blackberry, Microsoft dan lainnya.

Di papua misalnya tidak memiliki basis infrastruktur yang memadai sehingga ke depan tidak boleh ada lagi daerah yang tidak terhubung telekomunikasi.

Diharapkan sesuai target pemerintah mewujudkan desa dering atau desa internet pada tahun  2012 harus sudah tuntas. Barulah setelah itu tinggal meningkatkan bandwith dan lainnya.

Untuk itu pemerintah terus melakukan pemberdayaan edukasi tentang informatika dan  pemberdayaan informatika industri. Upaya lain juga diberikan lewat  penghargaan khusus dari pemerintah terhadap insan kreatif.

"Kita akan tingkatkan penyediaan konten positif untuk masyarakat," katanya menambahkan.

Kebijakan dalam konten penyiaran sebanyak 30 persen TV harus berisi konten lokal atau TV digital dengan siaran lokalnya 30 persen juga  langkah konkrit untuk dorong pertumbuhan industri lokal.

Sementara Presiden Direktur PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Rinaldi Firmansyah menambahkan, Telkom telah mencanagkan untuk pembangunan  kabel optik pada tahun ini.

Pembangunan untuk bisa menghubungkan Manado ke Papua diharapkan rampung dalam setahun mendatang. "Kita akan ganti kabel kota dengan serat optik sehingga bisa melayani 20 sampai 100 mbps," katanya menambahkan.


Sumber
Artikel Terkait


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Learning.com di inbox anda:


0 komentar:

Poskan Komentar