Daftar Isi

10 Keunggulan Windows Phone 7.5 Mango

Anda tentu sudah mengenal Symbian, Android, BlackBerry, begitu juga dengan iOS. Tapi sebenarnya ada satu lagi platform smartphone yang tidak kalah menarik keluaran Microsoft, yaitu Windows Phone. 

Kini Windows Phone sudah mencapai update 7.5 yang diberi kode nama buah, Mango. Berikut kami hadirkan 10 fitur Windows Phone 7.5 yang menarik.

1. Antarmuka
Microsoft mengandalkan Metro UI sebagai user interface atau antarmuka ponsel yang mengadopsi Windows Phone 7.5 atau Mango. Layar utamanya mengandalkan kumpulan kotak yang dapat diganti isinya; misalnya dengan aplikasi, update cuaca, update berita, kontak, atau RSS feed. 

Begitu jumlah aplikasi yang ter-install cukup banyak sehingga membutuhkan banyak layar, akan ada deretan alfabet muncul di menu aplikasi. Mekanismenya mirip seperti mencari nama orang di phonebook sehingga memudahkan pencarian aplikasi. Konsep antarmuka Mango ini lebih mengarah ke “glance and go”, yang pada dasarnya membuat penggunanya bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan hanya dengan sekali lirik.


2. Bing

Ibarat Android yang melekat dengan mesin pencari Google, maka seperti itulah antara Windows Phone dengan Bing. Mesin pencari yang belum begitu populer di Indonesia ini memiliki beberapa fitur seperti Local Scout (Pandu Lokal) yang akan memudahkan Anda dalam mencari restoran, peristiwa dan acara yang berlangsung di sekitar Anda berdasarkan lokasi ponsel.

Bagi pecinta musik, kombinasi Bing dan Windows Phone 7.5 cukup mengagumkan. Kini Anda bisa meminta Bing untuk mendengarkan musik yang Anda dengar. Kemudian Bing akan mencari segala informasi terkait dengannya serta tautan ke Zune di Marketplace.

Kemudian ada fitur Vision. Dengan  fitur ini, Anda dapat memindai teks dan Bing akan menawarkan Anda untuk mencari atau menerjemahkan teks tersebut. Selain itu, layaknya Google Googles, Vision dapat mencari informasi berdasarkan gambar. Bahkan Anda bisa membandingkan harga jual suatu buku dengan hanya memotret sisi depan atau belakangnya dengan toko buku lain!


3. What's New Account Filter
Selain integrasi dengan Facebook, Mango kini juga dapat terhubung ke Twitter dan LinkedIn. Dengan banyaknya kontak yang terdapat di akun jejaring sosial kita, area What's New pada People Hub bisa menjadi tempat update status dan postingan di Wall yang tak akan pernah habis. 

Nah, fitur People Groups bisa membantu Anda untuk memilih daftar orang tertentu untuk ditampilkan. Jadi Anda bisa mengelompokkan update status dari teman kantor dalam satu grup terpisah sehingga tidak perlu menghabiskan waktu menyeleksi secara manual. Untuk What's New, Anda dapat menambahkan pilihan update hanya dari jejaring sosial tertentu, misalnya dari Facebook saja.


4. Chat
Integrasi dengan Facebook di atas juga membawa kabar baik bagi sektor Messaging. Kini dengan Mango Anda dapat langsung chatting menggunakan Facebook Chat langsung di menu pesan. Microsoft menyatukan semua cara ngobrol dalam satu menu. Jadi misalnya Anda sedang asyik ngobrol dengan Facebook chat, lalu lawan bicara Anda beralih ke SMS, Anda tidak perlu beralih ke aplikasi lain. Semua obrolan akan diteruskan dalam satu thread dengan otomatis.


5. Speech
Kadang lebih mudah berbicara ketimbang mengetik, terutama di situasi tertentu seperti menyetir, memasak atau bahkan saat mengantuk. Voice support di Windows Phone memungkinkan Anda untuk mendiktekan pesan yang ingin dikirim dengan hanya memilih tombol Speak. Mango juga dapat membaca pesan masuk dengan cukup lantang.


6. Linked Inboxes
Fitur inbox email biasanya sering terlewatkan. Microsoft memberikan Anda kemampuan untuk mengatur dan mengelompokkan email yang masuk. Anda bisa menyatukan semua email dalam satu inbox atau memisahkannya berdasarkan kebutuhan Anda. Misalnya: Anda tinggal menghubungkan beberapa email dari rekan kerja untuk masuk dalam satu inbox khusus.


7. Custom Ringtones
Akhirnya, Anda kini dapat membuat personalisasi nada dering Anda sendiri. Caranya pun semudah Anda memasukkan lagu ke client software Zune. Selama nada dering itu berfile MP3 atau WMA, kurang dari 40  detik dan/atau 1MB, tak akan ada masalah.


8. Battery Saver
Microsoft telah melakukan sesuatu yang hebat pada fungsi penghemat daya ini: Anda dapat memilih opsi untuk tetap menggunakan fitur-fitur ponsel meski baterai ponsel dalam keadaan lemah, atau diaktifkan setelah pengisian berikutnya. Battery saver akan menonaktifkan fitur Push Email dan Multitasking. Pada dasarnya, fitur ini memberikan keseimbangan antara fungsionalitas ponsel sambil mencoba memberikan daya tahan baterai yang maksimal.


9. App Connect & Marketplace
Dengan App Connect, Anda akan mendapatkan informasi mengenai aplikasi yang relevan dengan hasil pencarian web Anda. Misalnya, Anda sedang mencari tentang film, maka selain hasil pencarian di browser, akan muncul beberapa aplikasi yang berkaitan dengan film. Cukup klik di link tersebut dan Anda akan dibawa ke Marketplace. Seperti namanya, di sinilah tempat Anda berbelanja aplikasi. Untuk versi terbaru, pengelompokan kategori aplikasi lebih jelas dan menemukan aplikasi yang bagus lebih mudah.


10. Find My Phone
Smartphone Windows Phone Anda hilang? Daripada bersedih, lebih baik lacak saja keberadaannya dengan fitur ini. Find My Phone akan memberikan Anda peta yang menunjukkan tempat terakhir di mana ponsel Anda berada, dan dapat Anda atur agar ia terkunci atau justru berdering (jika posisi terakhir ia dalam posisi hening) sehingga proses pelacakan akan semakin mudah. Siapa tahu ternyata ponsel Anda hanya terselip di bawah bantal.

Smartphone dengan Windows Phone memang masih jarang ditemukan, termasuk di Indonesia. Bahkan banyak orang yang masih mengasosiasikan sistem operasi ini dengan Windows Mobile yang memang memiliki banyak kekurangan. 

Namun, melihat potensi dan beberapa fitur inovatifnya yang tidak dimiliki platform smartphone lain seperti Android dan iOS, serta didukung merek besar seperti Samsung, HTC, dan Nokia, sepertinya tidak bijak untuk meremehkannya sebelum Anda mencoba menggunakanya. Selamat mencoba!

Sumber
Artikel Terkait


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Learning.com di inbox anda:


2 komentar:

  1. aku pengen banet Mango.. tapi harganya masih tinggi banget... nunggu tahun depan aja deh setelah WIndows Phone 8 udah rilis, jadi harga Mango akan turun... hoohoho

    BalasHapus
  2. @fariable iya ditunggu aja :)

    BalasHapus