Daftar Isi

Bunyi Beep dan Pemecahannya

Jika PC tidak mau menyala dan disertai bunyi “beep” yang tidak biasa Anda dengar, ini menandakan BIOS PC Anda mendeteksi adanya masalah pada PC. Pemasangan hardware yang kurang sempurna dan kerusakkan komponen PC sering menjadi penyebab timbulnya bunyi “beep” ini. Jika ini terjadi pada PC Anda,apa yang dapat Anda lakukan? Jika masalah ini tidak di atasi maka PC Anda tidak dapat digunakan.
Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah tipe BIOS pada PC Anda. Informasi tipe BIOS dapat Anda lihat saat Anda pertama kali menyalakan PC Anda. Atau dapat di lihat pada buku manual motherboard PC Anda. Banyak tipe BIOS seperti AMI BIOS, AWARD BIOS,IBM BIOS dan yang lainnya.


Setelah tipe BIOS diketahui,Anda tinggal mendengarkan bunyi “beep” yang keluar saat Anda menyalakan PC. Nah, dibawah ini Anda dapat melihat informasi beep code AWARD BIOS dan AMI BIOS.

AWARD BIOS Beep Codes
  • 1 beep panjang, 2 beep pendek
Ada masalah pada kartu Grafis (VGA card) PC Anda.
Cobalah cek dan pastikan pemasangan VGA card Anda telah sempurna, atau coba lepas dan bersihkan VGA card Anda. Jika langkah tersebut belum bisa mengatasi masalah, Anda dapat mecoba VGA card yg laen untuk memastikan VGA card Anda rusak atau tidak. Jika sudah mengganti VGA card dengan yang lain tetapi masih belum bisa, kemungkinan slot VGA card di motherboard Anda yang bermasalah.
  • Beep berulang kali tanpa henti (saat PC baru dihidupkan)
Ada masalah pada memory PC (RAM).
Cobalah cek dan pastikan memory PC Anda terpasang sempurna, atau coba lepas dan bersihkan memory PC Anda dan slot memory pada motherboard. Bisa juga dengan mencoba slot yang laen karena kemungkinan slot memory motherboard rusak. Jika masih tidak bisa kemungkinan memory PC anda mengalami kerusakkan.
  • Beep berulang kali tanpa henti (saat PC sedang digunakan)
Suhu CPU terlalu panas
Pastikan kipas prosesor berputar, dan bersihkan kipas prosesor jika kotor. Atau jika perlu, Anda bisa menambahkan kipas tambahan agar udara di dalam casing lebih dingin. Memory yang rusak dapat menyebabkan bunyi beep ini.

AMI BIOS Beep Codes
  • 1 beep pendek
Ada masalah pada kartu memory (RAM) Anda.
Pastikan memory PC Anda terpasang sempurna, atau coba lepas dan bersihkan memory PC Anda dan slot memory pada motherboard. Bisa juga dengan mencoba slot yang laen karena kemungkinan slot memory motherboard rusak. Jika masih tidak bisa kemungkinan memory PC anda mengalami kerusakkan.
  • 2 beep pendek
Ada masalah pada 64KB RAM pertama yang dibaca oleh system.
Kemungkinan adanya IC memory yang rusak. Jika Anda menggunakan 2 keping RAM,cobalah pasang satu-satu agar dapat Anda ketahui RAM mana yang rusak.
  • 5 beep pendek
Ada masalah pada prosesor.
Cek penempatan prosesor. Pastikan kaki² prosesor tidak ada yang bengkok atau patah dan coba bersihkan prosesor lalu coba pasang kembali dengan sempurna. Jika tidak ada hasil, ada kemungkinan terjadi kerusakan fisik pada prosesor.
  • 6 beep pendek
Terdapat masalah yang terhubung dengan keyboard.
Coba ganti keyboard yang Anda gunakan dengan keyboard yang masih bagus. Jika tidak ada hasil, kemungkinan slot keyboard Anda rusak. Anda dapat menggunakan converter PS2 to USB atau mengganti motherboard dengan yang baru.
  • 7 beep pendek
Ada masalah dengan prosesor atau sirkuit yang ada di motherboard rusak.
Cek kaki² prosesor tidak ada yang bengkok atau patah. Bersihkan prosesor dan pasang kembali dengan sempurna. Jika tidak ada hasil, cobalah cek menggunakan prosesor lain untuk memastikan masalah bukan dari prosesor. Karena bisa juga terdapat sirkuit motherboard yang rusak / putus.
  • 8 beep pendek
VGA card tidak bekerja sebagaimana mestinya. Memori pada VGA card mengalami gangguan sehingga system tidak bisa mengakses dan menggunakan memori pada VGA card.
Coba cek VGA card terpasang sempurna atau coba bersihkan VGA card dan slot VGA pada motherboard. Jika tidak ada hasil cobalah ganti dengan VGA card yang lain.
  • 9 beep pendek
Ada masalah dengan ROM BIOS.
Coba lakukan reset BIOS dengan melepas baterai CMOS beberapa menit dan pasang kembali. Jika belum membuahkan hasil, coba meng-upgrade BIOS Anda atau mengganti BIOS Anda.
  • 10 beep pendek
Ada masalah dengan chip CMOS.
Jika masalah ini yang menimpa Anda, sebaiknya Anda mengganti motherboard.

Artikel Terkait


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Learning.com di inbox anda:


0 komentar:

Poskan Komentar