Daftar Isi

Jenis-jenis kabel data

ATA / ATAPI interface

IDE dan ATA-1
         Versi pertama dari apa yang sekarang disebut ATA / ATAPI interface dikembangkan oleh Western Digital dengan nama Integrated Drive Electronics ( IDE ). Bersama dengan Control Data Corporation ( yang memproduksi bagian hard drive ) dan Compaq Computer, mereka mengembangkan konektor, signaling protokol, dan sebagiannya dengan tujuan tetap kompatibel dengan perangkat lunak yang ada ST-506 interface hard drive.


Kartu antarmuka yang digunakan untuk menyambung drive ATA paralel misalnya Slot PCI. Kartu tersebut tidak menggerakkan pengendali, mereka hanyalah jembatan antara host bus dan antarmuka ATA. Karena interface ATA asli pada dasarnya hanya 16-bit ISA slot yang menyamar, jembatan tersebut terutama pada hal konektor ATA yang terletak pada sebuah kartu interface ISA. Controller terintegrasi disajikan drive ke komputer host sibagai array dari blok 512-byte dengan antarmuka perintah relatif sederhana. Antarmuka yang digunakan oleh drive ini adalah standar pada tahun 1994 sabagai standar ANSI X3. 221 1994, AT Attachment Interface untuk Disk Drive. Setelah versi standar dikembangkan, ini dikenal sebagai “ ATA-1 ”.
Setelah pengenalan SATA atau Serial ATA, penggunaan ATA menurun dan motherboard mulai dikirinkan dengan hanya sebuah antarmuka tunggal, sampai dua optical drive ATA, bersama dengan dua atau lebih konektor SATA untuk hard drive. Optical drive sekarang tersedia dengan SATA, sehingga antarnuka ATA sering tidak terpakai pada beberapa PC modern chipset telah menghapus dukungan untuk konektor ATA paralel, sehingga vendor motherboard masih ingin menawarkan ATA akan memiliki untuk menyertakan sebuah chip antarmuka tambahanuntuk tujuan itu.




EIDE dan ATA-2
          Pada tahun 1994, sekitar waktu yang sama bahwa ATA-1 standar diaopsi, Western Digital memperkenalkan drive dengan nama baru, Enhanced IDE ( EIDE ). Ini termasuk sebagian besar fitur dari spesifikasi ATA-2 yang akan datang dan beberapa perangkat tambahan. Produsen lainnya memperkenalkan variasi mereka sendiri ATA-1 seperti “Fast ATA” dan “Fast ATA-2”.ATA-2 juga adalah orang pertama untuk dicatat bahwa perangkat lain selain hard drive bisa melekat pada interface
Device adalah perangkat penyimpanan. Secara tradisional, perangkat pada interface ATA telah menjadi hard disk drive, tetapi setiap bentuk perangkat penyimpanan dapat ditempatkan pada interface ATA asalkan mematuhi standar.


ATAPI
Pengenalan ATAPI ( ATA Packet Interface ) oleh kelonpok yang disebut Komite Form Factor Kecil ATA diperbolehkan untuk digunakan menjadi berbagai perangkat lain yang memerlukan fungsi-fungsi di luar yang diperlukan untuk hard disk. Bentuk Komite Factor Kecil mendekati masalah ini dengan mendefinisikan ATAPI, yang “ATA Packet Interface”. ATAPI sebenarnya merupakan protokol yang memungkinkan antarmuka ATA untuk membawa SCSI perintah dan tanggapan, sehingga semua perangkat ATAPI sebenarnya “berbicara SCSI “ lain daripada di antarmuka listrik. Perangkat ATAPI juga “berbicara ATA”, sebagai antarmuka ATA fisik dan protokol yang masih digunakan untuk mengirim paket di sisi lain.
Perangkat ATAPI termasuk CD-ROM dan DVD-ROM drive, tape drive, dan besar kapasitas floppy drive seperti drive Zip dan drive Super Disk. ATAPI diopsikan sebagai bagian dari ATA di INCITS 317-1998, AT Attachment Packet Interface dengan Extension ( ATA/ATAPI-4)


UDMA dan ATA-4
ATA/ATAPI-4 juga memperkenalkan beberapa “Ultra DMA” mode transfer. Ini awalnya didukung kecepatan dari 16 Mbyte/s ke 33 Mbyte/detik. Di versi yang lebih cepat Ultra DMA mode ditambahkan, membutuhkan kabel 80-wire baru untuk mengurangi crosstalk
TERMINOLOGI
Istilah “Elektronik Drive Terintegrasi” meningkatkan “IDE dan EIDE”. Namun istilah “IDE dan EIDE” adalah yang terbaik tidak tepat. Setiap drive ATA adalah “drive elektronik terintegrasi” drive, tetapi SCSI drive juga bisa sah digambarkan sebagai memiliki “drive elektronik terintegrasi”.

Ukuran Ketergatasan Drive :
Spesifikasi ATA asli yang digunakan sedikit mode pengalamatan-28, memungkinkan untuk menangani 2^28 (268435456) sektor (blok) dari masing-masing 512 byte, sehingga kapasitas maksimum 128 GiB (137 GB). BIOS di PC awal dikenalkan batas yang lebih kecil seperti 8,6 GB, dengan maksimum 1024 silinder, 256 kepala dan 63 sektor, tapi ini bukan batas yang dikenakan oleh antar muka ATA. ATA-6 memperkenalkan 48-bit, meningkatkan untuk 128 (144 PB). Sebagai akibatnya, setiap drive ATA kapasitas lebih besar dari sekitar 137 gigabyte harus merupakan ATA-6 atau yang lebih baru drive,
Beberapa sistem operasi, termasuk Windows XP pre-1, SP dan Windows 2000, menonaktifkan 48-bit LBA secata default, yang membutuhkan pengguna untuk mengambil langkah-langkah tambahan untuk menggunakan seluruh kapasitas drive ATA lebih besar 137 gigabyte. Sampai diperkenalkan SATA, konektor 40-pin umumnya terpasang drive ke kabel pita. Setiap kabel memiliki dua atau tiga konektor, salah satunya dipasang ke adaptor berinteraksi dengan seluruh sistem komputer.
Pita kabel ATA memiliki 40 kabel untuk sebagian besar sejarahnya (44 konduktor untuk versi form-factor yang lebih kecil digunakan untuk 2,5 drive empat tambahan untuk daya), tetapi sebuah kawat versi 80 muncul dengan diperkenalkannya DMA Ultra 33 (UDMA) modus kabel. Semua tambahan kabel baru adalah tanah kabel, interleaved dengan kabel ditetapkan sebelumnya untuk mengurangi efek kopling kapasitif antara kawat sinyal tetangga, mengurangi crosstalk adalah Capasitif. Kopling lebih dari masalah pada transfer yang lebih tinggi tarif, dan perubahan ini diperlukan untuk memungkinkan 66 megabyte per detik (MB/s) transfer rate UDMN4 untuk bekerja andal. Para UDMA5 cepat dan UDMA6 mode juga memerlukan kabel 80-konduktor.


ATA kabel :
40 kabel kawat pita (atas), 80 kabel kawat pita (bawah)
Meskipun jumlah kabel dua kali lipat, jumlah pin konektor dan pinout tetap sama dengan kabel 40-konduktor, dan penampilan eksternal dari konektor identik. Internal konektor berbeda, konektor 80-kawat kabel menghubungkan sejumlah besar kabel tanah untuk sejumlah kecil pin tana, sedangkan konektor untuk kabel 40-kawat kabel tanah terhubung ke pin tanah satu untuk satu. 80-kawat kabel biasanya datang dengan tiga berbeda konektor warna (biru – controller, abu-abu – drive slave, dan hitam – drive master) sebagai lawan konektor seragam berwarna 40- kawat kabel (semua hitam). Konektor abu-abu pada 80-kabel konduktor memiliki pin 28 CSEL tidak terhubung, sehingga posisi budak untuk drive dikonfigurasi kabel pilih.






Contoh Gambar ATA :




. ATA/66
Pada tahun 1997-1998 Intel dan Quantum menciptakan standar baru Ultre DMA yang disebut ATA/66. Hal ini memberikan bandwidth teoritis dari 66 MB/detik. Sistem baru membutuhkan kabel baru dengan 80 konduktor. 40 konduktor baru digunakan untuk pentanahan. Pada versi lama, hanya 7 kabel yang digunakan untuk pentanahan. Landasan baru dan sangat efektif menghapus crosstalk yang disebut (yaitu kebisingan yang tersisa di kabel setelah transmisi). Dalam ATA/66 controller harus menunggu untuk kebisingan di kabel sebelum transmisi berikutnya. Dengan kabel baru kebisingan secara dramatis dikurangi. Transmisi dapat mengikuti satu per satu tanpa penundaan, dan bandwidth naik.
Protokol ATA/66 sepenuhnya kompatibel dengan ATA/33. Kita dapat menggunakan kedua jenis drive pada motherboard baik dengan ATA/33 atau ATA/66. Tentu saja ki hanya mendapatkan kinerja ATA/33 menggunakan drive ATA/66 pada motherboard ATA/33.
Contoh Gambar ATA/66 :


Kabel baru juga menggunakan colokan sama 40-pin lama :

Jika kita menggunakan sistem ATA/66 dengan kabel 40-pin, protokol akan beralih otomatis ke ATA/33.
Kelengkapan pada PC yang harus ada jika menggunakan ATA/66 :
Menurut Western Digital (yang telah beberapa drive tercepat UDMA/66), untuk menggunakan teknologi ATA/66 sistem PC harus memiliki :
Ultra ATA/66 logika kompatibel baik pada sistem motherboard, atau pada kartu adaptor
Ultra DMA BIOS yang kompatibel
DMA-aware device driver untuk sistem operasi
Ultra ATA/66-kompatibel perangkat IDE seperti hard drive atau drive CD-ROM
40-pin kabel 80-konduktor

 ATA/100
Pada tahun 2000, IBM baru disk menjadi begitu cepat, yang ATA/66 keluar dari bisnis. Disk menggunakan protokol baru yang disebut ATA/100, sedang dikembangkan oleh Quantum yang memegang paten Ultra ATA. Antarmuka ATA dimulai pada 1996 dengan ATA/33, yang pada tahun 1998 ditingkatkan menjadi ATA/66. Dua tahun kemudian ATA/100 ini dirilis.

Dimana ATA/33 memberikan dorongan yang sangat kuat di antara bandwidth controller dan hard disk, yang ATA/66 memberikan keuntungan kecil dalam kinerja. Di sisi lain memecahkan banyak masalah kompatibilitas dengan timing memperbaiki dan parameter lain dalam spesifikasi. Akibatnya, ATA/100 dilaporkan menjadi lebih sederhana untuk menerapkan dalam logika chipset. Lebih murah untuk memproduksi dan sepenuhnya kompatibel dengan baik ATA/33 dan ATA/66.

Antarmuka ATA/100 memiliki bandwidth teoritis dari 100 MB/detik. Ini lebih dari hard disk pun dapat memberikan saat ini. Namun teknologi hard disk adalah peningkatan dalam kecepatan yang sangat tinggi, sehingga disk akan segera mencapai batas ini. SATA maka akan dibutuhkan.

Contoh Gambar ATA/100 :



ATA/100 4 konektor


4). ATA/133
Pada tahun 2001 beberapa vendor hardware ATA/133 diperkenalkan sebagai versi baru dari antarmuka.

Contoh Gambar ATA/133 :

Artikel Terkait


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Learning.com di inbox anda:


0 komentar:

Poskan Komentar